Selasa, 16 April 2013

UTS (Manejemen Pemasaran Perbankan Syari'ah)



hehem, waktu semester enam neh.
Nama : Husna (180 922 196)
Kelas : A PBS
Tugas/ Mata Kuliah: UTS/ Manajemin Pemasaran Perbankan Syari’ah.

Soal:
1.      Apa perbedaan istilah pemasaran dan penawaran ?
2.      Apa tujuan dan fungsi manajemin pemasaran perbankan syari’ah ?
3.      Mengapa efektifitas dan efesiensi harus dilakukan oleh seorang manajer marketing perbankan syari’ah ?
4.      Apa yang harus dilakukan bagi seorang  manajer marketing perbankan syari’ah menghadapi masyarakat (nasabah)
a.       Mereka tidak memahami system oprasional perbankan syari’ah?
b.      Mereka memahami system oprasional perbankan syariah akan tetapi mereka tidak tertarik.?
c.       Mereka non muslim.
Jawab:
1.      Definisi pemasaran bersandar pada konsep inti yakni, kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands). Jadi Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi, yang ditujukan untuk memenuhi keinginana nasabaah dengan cara memberi kepuasan nasabah. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Sedangkan istilah penawaran (supply) adalah suatu daftar yang menunjukan jumlah-jumlah barang itu yang ditawarkan untuk dijual pada berbagai tingkat harga dalam suatu pasar pada waktu tertentu.
2.      ujuan manajemin penasaran perbankan syari’ah :
a.        Memaksimumkan konsumsi/memudahkan dan  merangsang komsumsi sehingga dapat menarik nasabah untuk membeli produk-produk yang ditawarkan oleh bank syari’ah.
b.      Memaksimumkan kepuasan pelanggan dengan berbagai cara yang diinginkan nasabah. Untuk memenuhi kebutuhan nasabah.
c.       Memaksimumkan macam-macam pilihan produk di perbankan persebut.
Fungsi manajemin pemasaran perbankan syari’ah. Dalam prakteknya setiap fungsi melalu menganggap bahwa fungsinya yang paling penting dan paling dibutuhkan. Intinya, setiap fungsi memiliki tugas , wewenang , dan tanggung jawab yang telah dibebankan kepadanya.
3.      Karena menajer marketing perbankan syari’ah adalah sebagai orang pertama yang harus menjaga dan mengatur efektivitas dan efesiensi perbankan tersebut, melalui kerja sama dengan stap-stap nya dan karyawan-karyawan nya.
4.      Adalah:
a.       Seorang manejer marketing harus melakukan konsolidasi (penghubungan), dengan nasabah tentang oparasional perbankan syari’ah, supaya tujuan usaha yang mau dikembangkan tercapai.
b.      Manejer marketing harus melakukan sarana promosi tentang produk-produk yang ada dibank syari’ah supaya nasabah tertarik untuk membeli dan menginvestasikan uang nya dibank tersebut.
c.       Bagi nasabah yang non muslim, tidak ada masalah menabung/ membeli produk-produk yang ada diperbankan syari’ah, asalkan nasabah yang non muslim tersebut mengikuti aturan-aturan yang ada diperbankan syari’ah yang sesuai dengan ketentuan DSN-MUI Perbankan Syari’ah di Indonesia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar