Selasa, 27 Maret 2012

Resenzi Buku SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM


RESENSI
Disusun Dalam Rangka Memenuhi Tugas Mata Kulyah
“SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM”
Yang dibina oleh Ibu:
Sakinah, MEI
Judul Buku:
“Pemikiran Tentang Pembanguna Ekonomi dan Politik Masa Orde Baru”
Penulis:
A.A.Baramuli
penerbit:
Pustaka Manikgeni (Anggota IKAPI)
Cetakan:
1 Mei 1998
Tebal:
XXIII,265 Halaman
Pen Resensi:
Husna ( 180 922 196 )



“ISI SINGKAT BUKU”
Buku ini menceritakan sejarah orang indonesia datang kemerika serikat adalah untuk memperkuat jalinan hubungan politik, ekonomi, dan kebudayaan menciptakan kerja sama kedua belah pihak. Untuk menciptakan dunia yang damai memiki masa depan yang cerah antara negara amerika dan indonesia, yang berhabung dalam Asia Pacipic Economic Cooperation(APEC).Wajah ekonomi indonesia dewasa ini.
Sesuai dengan penetapan dalam GBHM pada tahun 1979 telah ditentukan bahwa sistem ekonomi untuk indonesia yang dipilih adalah sistem demokrasi ekonomi pancasila berdasarkan UUD 1945. Namun demikian, karna sistem ekonomi pancasila masih bersifat normatif ideal, maka sistem ekonomi campuran, terdapat masih golongan berlaku sebagai golongan prilaku ekonomi, yakni perusahaan negara, swasta dan koprasi.
 Disebut ekonomi campuran (mixed economy) karna disatu pihak ada perencanaanperekonomian dari atas yakni pemerintah, dan dilin pihak ada sistem perekonomian pasar, yang mana mekanisme penaikan harga tidak ditentukan oleh pemerintahan, namun diserahkan secara bebas kepada para prilaku ekonomi yang bekerja atas dasar hukum penawaran dan permintaan (supply and demand) yang berlaku dipasar. Menurut Dr.Mudyanto. sistem perekonomian diindonesia itu adalah memberikan anternatif sendiri dalam perkembangannya, yang dapat dan harus dicari landasan idealnya dalam pancasila sebagai dasar hidup negara bangsa indonesia.
Dr Emil Salim pada seminar hukum nasional pada tahun 1979 pernqh memberi penjelasan, bahwa dalam sistem ekonomi campuran hasil perencanaan ditingkat makro ekonomi yang dilakukan diindonesia  tidak akan mampu berkemban menjadi rencana yang akan membatasi satuan ekonomi individual sebagai pelaku ekonomi tetap bebas dalam melakukan usahanya berdasarkan keterangan dan petunjuk yang diperoleh dari perusahaannya dan dari mekanisme pasar yang menentukan harga-harga.
Walaupun secara normatif tetap berpegang pada sistem ekonomi pancasila, namun pada kenyataan tidak ada pilihan lain selain secara realistis mengikuti sajasistem ekonomi campuran yang berlaku dan merupakan wajah ekonomi indonesia. Namun bagaimanapun sistem ekonomi mixed economy secara positif dalam kenyataannya mendorong terlaksanaannya program dalam proses mempecepat pertumbuhan ekonomi.
Selanjutnya, dengan adanya undang undang PMA dan PMDN kiranya sulit bagi sistem ekonomi pancasila sebagaimana diinginkan oleh Dr.Mudyanto diberlakukannya secara oprasional dalam waktu dekat ini, mengingat hak milik perorangan tidak berkenakan bersifat terlalu bebas, yang tentunya bertentangan dengan motif ekonomi yang menggerakkan para investor asing maupun nasional menanam modalnya dengan mengambil resiko. Mereka jelas tidak menerima konsepsi Dr.Mubyarto yang mengatakan dalam sistem ekonomi pancasila maka kepentingan masyarakat harus ditempatkan diatas kepentingan pribadi, dalam hal ini kepentingan mudal investor.
Peraturan peraturan dan perizinan beserta fasilitas fasilitas yang diberikan oleh BKPM kepada para investor PMA dan PMDN pada dasarnya harus mampu menarik lebih besar dan lebih banyak realisasi penanaman mudal untuk dapat mengakserelasi mudernisasi nasional. Pengaruh Resesi dan Inflasi Dunia 1981 1982 terhadap perekonomian indonesia.
Negara Thailand  pada saat itu menghadapi kesulitan dengan pihak mafia yang menguasai bisnis di Bangkok dan di daerah lain di luar Bangkok. Selain dari itu mereka juga terlibat dengan masalah pembatasan dengan Vietnam.

Kelebihannya:
BUKU INI, menjelaskan masalah pemikiran ekonomi dan politik dalam rangka upaya untuk memajukan pertumbuhan ekonomi kita di indonesia ini, yang disajikan dalam berbagai ceramah dan forum ilmiah dibidang ekonomi dan politik, analisanya yang tajam, mendalam dan jernih. Tidak berlebihan jika buku ini dapat memberikan sumbangan pemikiran yang cukup besar kepada negara Kesatuan Republik Indonesia. Disamping itu buku ini menerangkan tentang sejarah pemikiran perkembangan ekonomi di indonesia dengan cara bergabung, kerja sama, dengan orang asing (Luar Negara) seperti amerika serikat, jepang dll.
Kekurangannya:
Dari pengetahuan saya, kekurangan isi buku ini hanya ada pada pembahasannya aja yang kurang mendetail dan cara penulisan yang sangat kecil. Selebinya saya tidak bisa menilai dengan sempurna mungkin.
Pesan:
Saya sebagai pen intervew buku ini, hanya bisa memberi pesan sesingkat mungkin, setelah membaca buku tersebut bahwasanya, manusia khususnya kita dalam membangun perekonomian yang berkembang dengan tujuan mensejahterakan dan memakmurkan rakyat, industri yang kita bangun hendaknya berkapasitas besar, sehingga dengan pproduk yang besar dan biaya yang murah menghasilkan harga barang yang konpetitif didalam negri dengan harga yang wajar dan diluar negri mempunyai daya saing internasional. Pemerintah hendaknya harus tekad bulat menarik mudal-mudal dari pasaran mudal internasional dan menyalurkannya kepada usaha-usaha swasta, dan selalu memberi motivasi kepada para ahli-ahli, produsen, petani dll, supaya tetap semangat dalam mengembangkan perekonomian.

SEKIAN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar