Sabtu, 31 Maret 2012

Teori Ekonomi Kapitalisme


Teori Ekonomi Kapitalisme
Pada dasarnya teori perubahan sosial modernisasi dan pertumbuhan  pembangunan dibangun diatas landasan kapitalisme, pandangan kapitalisme jika digali secara teoritik, pada dasarnya bersumber dan berakar pada pandangan pilsafat ekonomi klasik. Terutama ajaran Adam Smith  yang telah kita kenal sebagai tokoh printis pandangan ekonomi klasik yang dituangkan dalam karyanya Wealth Of Nation (1776), David Ricardo dan James Mill.
Teori Sistem Ekonomi Kapitalis Dunia                    
Lahirnya teori system ekonomi kapitalis dunia  adalah di Amerika Serikat pada pertengahan tahun 1970-an, merupakan lanjutan dari perdebatan antara penganut teori meodernisasi dan pembangunan pertumbuhan yang mendapat kritik pedendesia Amerika Latin. Meskipun teori modernisasi mendapatkan kritik yang luar biasa dari dari ilmu sosial ditempat kelahirannya yakni Amerika Serikat,  bahkan dikatakan teori yang gagal, justru teori modernisasi ini mendapat tempat yang istimewa pada masyarakat di Dunia yang ketiga, khususnya birokrat (Aparat Pembangungan Akademisi). Selanjutnya lahirlah teori alternative  yakni analisisnya focus bertuju pada tata ekonomi kapitalisme dunia, alasan yang kuat menyatakan karena bahwa phenomena tata ekonomi kapitalis dunia tidak dapat dijelaskan, baik oleh teori modernisasi,dependensi secara memuaskan.
Teori kritik terhadap kapitalis Oleh Marxisme
Marxisme  melakukan kritik terhapat kapitalisme pada dasarnya berangkat dari filsafat moral keadilan dan cita-cita untuk masyarakat menuju keadilan sosial ekonomi dalam karyanya yang berjudul Das Kapital pada dasarnya marx menuturkan tentang kasus bagaimana proses ketidak adilan terjadi dalam aspek ekonomi, analisis Marx bertuju pada inti ketidakadilan yang tersembunyi dari hubungan masyarakat dalam system ekonomi kapitalisme. Pandangan marx tentang kapitalisme intinya adalah bagaimana eksploitasi dan ketidakadilan structural dapat dijelaskan. Oleh karena itu analisis marx dalm buku Das Kapital jilid petama tidak menbahas masalah sejarah kapitalisme, tetapi justru memuali dari hal yang tidak mengesannkan, yakni tentang komoditi. Komoditi ini sebagai pintu masuk tentang analisis bisnis, pasar, yang sebagai institusi sosial yang paling diwarnai dalam ekonomi kapitalisme. Pilahan ini sengaja dipakai untuk memudahkan ketidakpahaman tentang ketidakadilan kapitalisme.
Akibat Dari Sistem Ekonomi Kapitalis
ü  Kemajuan lebih kepada aspek fisik saja
ü  Ada kemajuanm tetapi penuh ketimpangan
ü  Yang kaya makin kaya, yang meskin makin miskin
ü  Terjadi eksploitasi yang kuat atas yang lemah
Definisi –Definis secara umum
Kapitalis adalah kaum bermodal, pemilik saham, penyandang modal, penganut (Negara kepitalisme)
Kapitalisme adalah system perekonomian yang berdasarkan hak milik partikelir yang menekankan kebebasan lapangan produksi, kebebasan untuk membelanjakan pendapatah, bemonopoli dsb, sedangkan alat-alat produksi berada pada kaum kapitalis.
Kapitalistik adalah corak dan sikap tindakan kapitalisme, sifap kapitalisme.
Modernisasi adalah gerakan untuk merombak cara-cara kehidupan yang lama untuk menuju bentuk-bentuk, model-model kehidupan yang baru.
Dependensi adalah ketergantungan.




 

Bay: Husna alfiani
Pamekasan 28-maret-2012







Tidak ada komentar:

Posting Komentar